Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh -->
Dunianya Fitnes / Tips Dan Trik Buat Kamu Tambah Sehat Dan Berisi https://dunianyafitnes.blogspot.com/2019/06/manfaat-buah-semangka-bagi-kesehatan.html

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

PLEASE WAIT !!

Siapa yang tidak tahu buah semangka ini, semua orang niscaya mengetahui buah semangka ini. Walaupun tidak semua menggemari nya, tetapi hampir semua orang sangat menyukai buah semangka ini lantaran rasa nya yang segar dan manis. Apa lagi di nikmati ketika siang hari niscaya sangat segar sekali. Buah semangka ini selain rasa nya yang sangat segar, buah semangka ini mempunyai kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Buah semangka mengandug vitamin A, B6, dan C yang sangat baik sebagai antioksidan tubuh. kandungan kalori nya juga sangat rendah jadi tidak perlu khawatir akan bobot tubuh ketika menyantap buah semangka ini. Buah semangka juga kaya akan kandungan potasium dan lycopen yang baik bagi kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Akan tetapi, di balik rasa yang segar dan bagus nya manfaat buah semangka bagi kesehatan tubu, ada juga imbas samping unruk tubuh yang di sebabkan oleh buah semnagka ini jikalau kita mengonsumsi nya terlalu berlebihan.

Nah kali ini aku akan menyebutkan beberapa manfaat buah semangka dan imbas samping yang di timbulkan nya antara lain sebagai berikut :

MANFAAT BUAH SEMANGKA

  • ANTI PENUAAN DINI
Buah semangka ini mengandung banyak nutrisi kompleks menyerupai lykopen, vitamin A, vitamin C, dan potassiumyang sanggup menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit anda. Di antara nya yaitu papara dari sinar UV matahari, polusi, asap kendaraan, dan lain sebagai nya. paparan-paparan tersebut menjadikan banyak sekali duduk kasus pada kulit menyerupai garis-garis halus, flek hitam, jerawat, dan penuaan dini. Zat anti oksidan pada buah semangka akan membantu tubuh untuk melepaskan timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit anda menjadi sehat dan cerah.

  • MENJAGA KELEMBAPAN KULIT
Jika kita mempunyai duduk kasus kulit kering dan bersisik, buah semangka yaitu salah satu buah yang baik untuk membantu mengatasi duduk kasus kulit kering dan bersisik. Buag semangka mengandung kadar air yang sangat melimpah sehingga sanggup memperlihatkan kelembapan ekstra pada kulit kita. mengkonsumsi buah semangka juga menjaga tubuh semoga tehindar dari dehidrasi. Untuk memaksimalkan buah semangka untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita, selain di konsumsi secara pribadi , anda juga sanggup menggunakan buah semangka ini sebagai masker alami untuk memperlihatkan hasil yang lebih maksimal bagi kelembapan kulit kita. gunakanlah masker buah semangka seminggu 2kali untuk memperoleh hasil yang kita inginkan.

  • MEMELIHARA KESEHATAN GINJAL
Buah semangka ini selain mengandung vitamin kompleks yang di butuhkan tubuh kita, juga mengandung kaium yang berpera penting dalam membantu fungsi kerja ginjal. Klium yang terkandung dalam buah semangka ini sanggup membersihkan zat-zat racun yang mengendap pada ginjal kita dan melancarkan proses ekskresi serta mengurangi kadar asam urat yang sanggup memicu terbentuknya kerikil ginjal. Mengonsumsi buah secara rutin juga akan menciptakan proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, ringan dan sehat. 

  • MENANGKAL KANKER
Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa buah semangka mengandung vitamin C dan licopene yang sangat tinggi. Kedua zat ini berpera sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan banyak sekali macam radikal bebas yang sanggup menimbulkan penyakit kanker. Selai itu, manfaat buah semangka untuk menangkal kanker juga di sanggup dari senyawa antioksidan yang tinggi yan terdapat pada kandungan buah semangka tersebut, serta baik untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit ganas lain nya.

  • MEMELIHARA KESEHATAN TULANG DAN JANTUNG
Di dalam kandungan buah smangka, terkandungan kandungan senyawa likopen yangberfungsi membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka sanggup menciptakan ajaran darah dalam jantung terpompa dengan lebih maksimal. Selain itu, sel-sel dalam tubuh juga beregenerasi dengan baik serta tingkatoksidatif pada pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung turun secara drastis. Buah semangka juga mempunyai kandungan kalsium yang sangat efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga tulangpun menjadi kokoh dan terbebas dari penyakit osteoporosis.

BAHAYA MENGONSUMSI BUAH SEMANGKA SECARA BERLEBIHAN

Meskipun buah semangka mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, buah semangka juga mempunyai imbas samping yang kurang bagus untuk kesehatan jikalau di konsumsi secara berlebihan. berikut efeksamping buah semangka di antara nya sebagai beriku :

  • GASTROINTESTINAL
Meski di butuh oleh tubuh, namun kandungan lycopen dalam buah semangka apabila di konsumsi dengan cara berlebihan sanggup mengganggu sistem pencernaan kita dan memicu timbulnya gastrointestinal. kelebihan lycopene dalam tubuh akan menimbulkan tubuh kita mengalami diare, kembung, mual, dan muntah sehingga sebaik nya anda mengkonsumsi semangka dalam jumlah sewajar nya saja.

  • HYPERKALEMIA 
Buah semangka kaya akan potassium, namun bila di konsumsi secara berlebihan, kandungan potassium yang berlebihan dalam tubuh sanggup memicu sebuah kondisi yang disebut hyperkalemia. kondisi hyperkalemia ini berbahaya bagi kesehatan kardiovaskuler jantung yang kuat terhadap detak jantung yang tidak beraturan, gangguan sistem kinerja otot, dan gangguan sistem syaraf. Kelebihan potassium juga jelek bagi organ ginjal lantaran ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan potassium dalam tubuh dan pada alhasil sanggup memicu terjadinya penurunan fungsi kinerja ginjal akhir kerja ginjal yang terlalu keras.

  • TERGANGGUNYA STABILITAS NUTRISI TUBUH
Buah semangka dengan kandungan antioksidan dan vitamin kompleksnya memang sangatbermanfaat bagi kesehatan lantaran membantu membersihkan zat sisaan dan racun dalam tubuh. Namu, bila di konsumsi secara berlebihan buah semangka sanggup berefek jelek lantaran nutrisi-nutrisi penting yang terkandung dalam tubuh juga ikut dibersihka dan terbuang. padahal, nutrisi sangat di perlukan semoga tubuh tetap bertenaga dan kuat.

  • PEMICU DIABETES
Buah semangka mengandung gilkemik yang cukup tinggi yaitu sebesar 72%. Nilai indeks gilkemik yang tinggi pada buah semangka inilah yang menimbulkan kadar isulin dalam pankreas terurai sehingga kadar gula darah menurun dan timbul penyakit diabetes. kandungan karbohidrat dalam semangka juga cukup tinggi sehingga bila di konsumsi berlebihan sanggup berbahaya bagi kadar gula darah.

  • DARAH RENDAH
Buah semangka jikalau di konsumsi secara berlebihan akan menciptakan tekanan darah dalam tubuh menjadi rendah sehingga anda akan menjadi lemas, pusing, leher kram, dan kesemutan. Tekanan darah rendah terjadi ketika seseorang mempunyai tekanan darah di bawah kondisi normal yaitu 120/80 mmHG.

Nah itulah beberapamanfaat buah semangka bagikesehatan tubuh kita,namun di balik manfaat buah semangka terdapat juga imbas samping bagi kesehata tubuh kita apabil di konsumsi secara berlebihan. 
Sekian ratikel pembahasan tenta buah semangka, semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan kita semua.

Saya ucapkan terimakasi karna sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.

Share this post:

0 Comments

Please read our Comment Policy before commenting. ??

Notification